Rita Maya

Rita Maya

Rabu, 04 Januari 2012

Coretan 5 Januari 2012

Teks deskripsi eksplanatori
Backpack
Backpack adalah istilah lain untuk menyebut tas punggung. Disebut demikian karena letak tas ini berada di punggung ketika dibawa/dipakai. Tas jenis ini biasa digunakan untuk bersekolah atau bekerja. Tas ini sangat nyaman dipakai karena beban dalam tas menjadi tidak terlalu berat. Selain itu, tas ini sangat praktis untuk bepergian.
Tas punggung bisa terbuat dari kain, kulit, atau plastik dengan berbagai jenis, bentuk, warna, ornamen, dan ukuran yang berbeda. Tas punggung memiliki bermacam jenis yang terbagi menurut fungsinya. Diantaranya tas punggung untuk laptop, untuk sekolah, untuk berpergian atau lebih sering disebut sebagai tas ransel, dan lain-lain. Bentuk yang paling umum adalah tas punggung dengan dua tali untuk ditopangkan pada kedua bahu.
Tas punggung banyak ditemukan dengan berbagai macam warna, sehingga para pemakai memiliki banyak pilihan. Sebagian wanita memilih tas punggung dengan warna-warna cerah, sedangkan laki-laki lebih memilih dengan warna yang gelap. Meskipun demikian, tidak menuntut kemungkinan akan terjadi hal yang sebaliknya. Warna tas punggung sangat erat kaitannya dengan motif dari tas punggung tersebut. Dalam pembuatannya, warna dipertimbangkan berdasarkan selera konsumen.
Ornamen yang sering ditemukan dalam tas pungung adalah adanya tas kecil yang berbentuk seperti saku yang dijahit melengkapi tas tersebut. Selain itu, juga dapat berupa hiasan-hiasan berupa motif gambar atau tulisan, gantungan pada risleting, serta bantalan pada tali/selempang tas agar pengguna lebih merasa nyaman. Pembuatan ornamen pada tas berkaitan dengan pemakai tas tersebut, misalnya tas punggung untuk anak sekolah dasar biasanya terdapat tokoh-tokoh kartun dibagian depannya.
Beberapa tas punggung juga memiliki pengikat pada bagian pinggang atau dada. Pengikat ini berfungsi untuk mertakan beban tas keseluruh tubuh penggunanya. Jadi, beban dalam tas tidak hanya ditopang oleh bahu, tetapi juga punggung dan pinggang. Sedangkan pada kebanyakan tas punggung untuk anak-anak ditemukan ornamen berupa gagang pada bagian atas tas dan roda pada bagian bawah tas. Hal ini berfungsi ketika pengguna meresa kelelahan membawanya di punggung, tas dapat ditarik seperti trolley.
Tas punggung tersedia dalam berbagai ukuran. Ukuran disesuaikan dengan pengguna dan fungsinya. Misalnya, tas punggung untuk anak sekolah dasar berbeda dengan tas punggung untuk mahasiswa, Atau tas punggung untuk bersekolah berbeda dengan tas punggung untuk bepergian. Hal ini dipertimbangkan dari beban yang akan dibawa oleh tas tersebut.
Tas punggung adalah salah satu tas yang paling nyaman dan praktis. Hal ini dikarenakan beban dalam tas terbagi menjadi dua. Sebagian berada pada sisi sebelah kanan yang bertumpu pada bahu kanan. Sedangkan sebagian yang lain pada sisi sebelah kiri yang bertumpu pada bahu kiri. Meskipun demikian, penggunaan yang salah seperti, menopang tas dengan satu bahu atau beban tas yang terlalu berat, dapat membuat pemakainya merasa nyeri pada bahu, leher, punggung atau sakit kepala. Oleh karena itu, pemakaian tas yang benar, sangat penting untuk diperhatikan.

1 komentar: